Skip to main content

Life Achievement Unlock: Naptol Jeans Sendiri

Apakah celana jeans anda sangat rebel dan punk sehingga warna tampak mbladus (baca: pudar)? Apakah hal itu menyebabkan pergaulan sosial anda menurun? tidak punya teman, tidak punya pacar, tidak bisa menjalin hubungan yang lebih intim?

Naptol solusinya!

Naptol jeans adalah mewarnai ulang jeans anda dengan teknik celup-rebus (teknik ini saya patenkan, catat). jika ingin praktis maka saudara hanya perlu datang ke tukang jahit untuk minta naptol jeans, tapi tidak semua tukang jahit mau sih, atau dibawa ke tukang naptol. silahkan cari didaerah anda.

Namun, salah satu pencapaian hidup adalah bisa menaptol celana jeans sendiri, maka dari itu saya menaptol celana jeans saya sendiri beberapa hari yang lalu. Saudara ingin mencoba? Nah, saya share disini cara-caranya dengan pengalaman saya sendiri yang sudah berkecimpung di dunia per naptolan selama.... 2 hari. (okay)

Persiapkan alat dan bahan:
- Celana jeans yang ingin di naptol, sudah dicuci bersih.
- Serbuk wantex (beli di pasar atau di toko tekstil)
- garam 2 sendok teh
- Panci atau dandang (orang Ukraina lebih prefer pakai dandang)
- Air putih mentah (3 liter)
- Ranting kayu sebagai pengaduk
- Kompor yang bisa dipakai dengan oke

Cara:
- Persiapkan 1 serbuk wantek, saya pakai merek Padi Gunting, murah bingits 3rb-5rb tergantung nilai dollar di daerah anda

- Siapkan jeans yang akan dinaptol (nampak mbladus bingits bukan?)

- Rebus 3 liter air dalam panci hingga mendidih lalu masukkan 2 sendok teh garam (biar lebih sedep, tapi ini serius loh)


- Masukkan serbuk wantex, kemudian aduk hingga tercampur

- Masukkan jeans hingga tercelup semuanya


bolak-balik jeans hingga semua tercelup dan lakukan terus selama 30 menit - 1 jam dan kecilkan api kompornya. pokoknya sampe well. kalau kurang lama nanti warna kurang menyerap, kalau kelamaan nanti bahan jeansnya jadi tape.



- Setelah itu tiriskan jeans ke dalam ember dan tunggu hingga suhu normal.
- Cuci jeans perlahan dengan air (tanpa sabun)
- Jemur jeans di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari
- Kalau sudah kering.. voila! warna jeans kembali keren wow wow wow


Guaaampang to rek? Ayo coba sendiri menaptol jeans kamu! Wantex bisa digunakan juga untuk mewarnai kaos dan kain lainnya. Yang saya share ini nyata dan saya lakukan sendiri loh.. keren nggaa? (nggaaaaa....)

Selamat mencoba!

Comments

  1. -_- makasih atas pencerahannya

    ReplyDelete
  2. banyune 3 liter kok koyone sitik banget ya ning pancine :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kebanyakan air warnanya ngga mantep

      Delete
  3. Satu bungkus wantexnya cukup z buat 1 celana jeans

    ReplyDelete
  4. Satu bungkus wantexnya cukup z buat 1 celana jeans

    ReplyDelete
  5. Satu bungkus wantexnya cukup z buat 1 celana jeans

    ReplyDelete
  6. Satu bungkus wantexnya cukup z buat 1 celana jeans

    ReplyDelete
  7. Dandangnya hbis tu ndk papa kah buat masak.....bahaya ndak

    ReplyDelete
  8. nice post...makasih...infonya...

    ReplyDelete
  9. gan mau nanya,itu dandangnya habis dipake bakal membekas gak warna wantexnya?

    ReplyDelete
  10. Membekas gan, apalagi kalo agan masukin mantan pacar disitu, pasti membekas banget gan hehe :)

    ReplyDelete
  11. warna nya apa saja yang dri wantex?

    ReplyDelete
  12. Cari wenter atau naptol di kota kami sdh sulit bos

    ReplyDelete
  13. Mantap gan ��

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Twitter: Cari Tweets Jaman Dulu

Siang yang nganggur ini dihabiskan dengan sekrol-sekrol tweets sendiri sampe bawah-bawah-bawaaahhh bangeeet, sampe pegel jempolnya. Penasaran sama tweets lama. Atau kalian pernah kepo tweets gebetan, pacar, atau mantan untuk jadi bahan gosip atau modal pedekate atau modal balen? ya terserah lah. Btw, tau nggak sih kalo twitter pnya search tools bawaan yang spesifik ke tanggal yang kita penginin? Jadi kalian bisa cari tweets kalian bulan lalu, tahun lalu, atau tweet pertamamu! Kalian bisa cari tweets siapa aja kecuali yang akunnya digembok. Jadi caranya gini.. Buka twitter.com dan menuju ke papan pencarian (search bar): Ketik seperti contoh dibawah ini tapi sesuai dengan username tujuan kepo dan tanggal pencarian: from:username since:yyyy-mm-dd until:yyyy-mm-dd Jadi. buat contoh, aku mau cari tweetsnya dek  +Nabilah Ratna Ayu Azalia  @nabilahJKT48 from:nabilahJKT48 since:2012-08-12 until:2012-08-29 Hal ini bakal nunjukin tweets sesuai date range - tapi inget, defaul

ingatan seperti gajah

nah nah nah naaahhh~ kali ini diputuskan untuk niat nulis curhatan di blog yang udah lama banget ga update :)) dari kemaren emang ada aja alasan buat ga jadi nulis, dari ga ada waktu sampai ga ada materi yang pas buat ditulis hehe sore ini sempet kaget sekaget kagetnya sampe bingung mau ngomong apa gara gara chat whatsapp yg masuk. ga ada angin ga ada ujan tiba tiba ada yang ngebahas kamu lagi. udaaahhh lamaaaa buaaangettt kita ni ga chat, apalagi ketemu. terakhir ketemu juga kapan ya.. lupa deh. oiya tulisan ini sedikit bahas kamu, ga sedikit juga sih, tapi ya ga banyak banyak juga~ mumpung masih inget dan pengen nulis. --- ada hal yang paling aku kagum dan aku takut ke kamu: 1. kamu gampaaangg banget akrab dan deket sama orang yang baru kamu kenal 2. kamu inget hal hal kecil jaman dulu entah kenapa ya. kamu kenapaaa sihh tiba tiba bahas aku lagi? :)) ngeri ngeri sedap wey :)) takut akutu~ kamu itu orang yang paling bisa buka obrolan dan kenal sama orang. itu keren. tapi leb